skip to Main Content

Pelatihan Food Safety Management System (FSMS) : FSSC 22000, HACCP, GMP, SSOP dan Sistem Jaminan Halal

Food Safety Management System (FSMS) merupakan hal mutlak yang perlu diketahui oleh para pelaku industri, khususnya food & beverage. Pengetahuan mengenai HACCP, SSOP, maupun FsSC 22000 digunakan sebagai dasar dalam menjaga mutu dan keamanan produk. Oleh karena itu FSMS merupakan hal dasar yang wajib dipahami oleh divisi Quality Control dan Quality Assurance dalam industri.

Pemahaman mengenai sistem manajeman keamanan dan kehalalan pangan menjadi hal penting dan paling dicari saat ini, baik perusahaan dalam maupun luar negeri. Persaingan di dunia kerja semakin ketat sehingga skill tambahan yang tersertifikasi wajib dikuasai agar dapat meningkatkan kualitas diri oleh karena itu Prodi Gizi, Prodi Teknologi Pangan, Direktorat Bisnis dan Inovasi (BISI) Universitas Al Azhar Indonesia bekerjasama dengan Mina Indonesia mengadakan  “Pelatihan Food Safety Management System (FSMS) yang terdiri dari FSSC 22000, HACCP, GMP, SSOP dan Sistem Jaminan Halal”. Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 3 Oktober 2019 pukul 07.30 – 17.00 WIB di Auditorium Arifin Panigoro Lt. 3, Universitas Al-Azhar Indonesia.

Acara dimulai dengan pembukaan sambutan dari Dekan FST, Bapak Ir. Hidayat Yorianta Sasaerila, M.Sc., Ph.D serta ketua panitia Amalina Ratih Puspa SP,. M.SI. Sebanyak 56 Peserta pelatihan terdiri dari Dosen, peneliti, mahasiswa dinas, penyuluh, instansi terkait dan rumah sakit serta pelaku usaha di bidang pangan dan karyawan industri/UKM.

Sebagai pemateri FSMS, Bapak Matheus Nugroho yang telah berpengalaman dalam industri akan menyampaikan materi mengenai HACCP, GMP, SSOP, dan FSSC 22000. Sementara materi SJH disampaikan oleh Ibu Amalina Ratih Puspa selaku Auditor Halal dari LPPOM MUI. Alhamdulillah acara dapat terlaksana dengan lancar dan antusias peserta sangat besar terbukti dari banyaknya peserta yang aktif dan memberikan saran bagi UAI dan Mina untuk melaksanakan kembali kegiatan FSMS dan SJH.

Back To Top