Hepatitis B

Training Patent and Knock Down Gene bersama Tim Konsorsium Vaksin Nasional Hepatitis B

Indonesia mempunyai SiNas ( Sistem Inovasi Nasional ) yang bergerak nyata dalam peningkatan daya saing Indonesia. Konsorsium Vaksin Nasional Hepatitis B dapat menjadi bukti sebagai usaha pelaksanaan ini dengan tiga pilar utama yaitu Pemerintah, Industri, dan Akademisi yang bersatu dalam perwujudan hasilnya.

Training Patent and Knock Down Gene bersama Konsorsium Vaksin Nasional Hepatitis B ini dilaksanakan pada tanggal 8-9 November 2013 di Hotel Hilton Bandung. Training diikuti oleh ketua dan anggota tim Konsorsium Vaksin Nasional Hepatitis B yaitu Dr. Neni Nurainy (Ketua Tim Konsorsium dari PT. Biofarma) bersama Tim PT. Biofarma, , Uli Julia Nasution, M.Sc (BPPT), Ernawati Arifin Giri Rachman, Ph.D (Institut Teknologi Bandung) dan Tim ITB, Tim Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, dan Siti Isnaeni Mutmainah (Mahasiswa Program Studi Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Al Azhar Indonesia).

Pelatihan paten disampaikan oleh konsultan paten Batavia Patent Agent  ini sangat bermanfaat dalam pengetahuan prosedural dalam pendaftaran paten hingga mendapatkan patenb baik di Indonesia serta Internasional, juga upaya peningkatan semangat paten dalam lingkungan riset, bahwa pentingnya mengapresiasi dan proteksi diri sendiri atas suatu hasil yang kita perjuangkan, sebagai aset baik korporasi besar maupun kecil. Tiga spirit paten yaitu sinergitas antara teknologi, bisnis, dan hukum. Kesadaran untuk mendaftarkan hasil yang inovatif juga dapat meningkatkan daya saing Indonesia dengan Internasional.

Pelatihan berikutnya yaitu Knock Down Gene yang disampaikan oleh Dr. Hermansyah dari Universitas Sriwijaya ini menambah wawasan know how karakter yeast dan metode treatment gen dalam yeast yang informatif mendukung dalam riset di dalam konsorsium ini. Kesempatan pelatihan yang berharga ini saya peroleh atas rekomendasi Dr. Vanny Narita (bagian dari Riset Insentif SiNAS, Konsorsium Nasional Vaksin Hepatitis B bersama PT Biofarma, Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, BPPT, ITB dan UAI).

Terima kasih untuk keluarga besar Universitas Al Azhar Indonesia, Ibu Vanny Narita, PhD dan Tim Konsorsium Vaksin Nasional Hepatitis B.

Salam Semangat Belajar dan Berkarya untuk Tuhan Yang Maha Esa, Bangsa, dan Almamater! J

Siti Isnaeni Mutmainah (Bioteknologi 2009)