Penghargaan “The Best Technology Innovation” HSBC Young Entrepreneur Challenge 2012

HSBC Young Entrepreneur Challenge (YEC) merupakan kompetisi business plan yang selengarakan oleh Bank HSBC untuk mahasiswa tingkat Strata 1 (S1). Kompetisi ini diadakan di 5 negara asia untuk mencari potensi berbakat dari calon calon entrepreneur muda di Wilayah Asia, yaitu Bangladesh, Brunei, Hongkong, Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Pemenang pertama dari setiap negara berkesempatan untuk kompetisi tingkat regional di Hongkong dengan total hadiah mencapai HKD 130,000

Tahun 2012 ini merupakan tahun kedua kompetisi HSBC YEC diselengarakan di Asia, namun untuk di Indonesia ini merupakan kali pertama kompetisi diselenggarakan. Pada tanggal 3 Maret 2012 yang lalu, dilakukan launching HSBC Young Entrepreneur Challenge 2012 oleh Bank HSBC Indonesia bekerja sama dengan Yayasan Satoe Indonesia di Hotel Dharmawangsa Jakarta. Acara tersebut di hadiri oleh mahasiswa dari berbagai universitas seperti dari UI, UAI, IPB, UGM , ITB, Prasetia Mulya, LSPR. Dalam rangkaian kegiatan tersebut diadakan talkshow dan workshop bersama para entrepreneur muda seperti Goris Mustaqim, Ali Bagus Antra, dan Mohamad Fahmi.

Kompetisi Business Plan berlangsung dari saat launching hingga 6 Agustus 2012 untuk tingkat regional di Hongkong, tahapan seleksi Business Plan dilakukan secara online melalui website, dan pada tanggal 24 maret terpilih 5 finalis dari hampir 200 peserta.

Kelima Finalis tersebut yaitu:

1. NoTreeSsue (Asia 1st Premium Organic Tissue) dari Universitas Indonesia
2. T-Rice – A Solution for National Food Security dari PrasMul Business School
3. Corboy Furniture dari Universitas Indonesia
4. Sustainable Packaging from Banana Peel dari Universitas Indonesia, dan
5. Make Our eVent Epic by using RFID dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI)

Selanjutnya kelima finalis tersebut berkompetisi mempresentasikan Business Plan mereka di depan juri pada tanggal 9 Juni 2012 di Hotel Shangri-La Jakarta untuk memperebutkan posisi pertama yang akan berkesempatan mewakili Indonesia ke tingkat regional di Hongkong tanggal 6 Agustus 2012. Akhirnya pada 9 Juni 2012 dewan juri memutuskan NoTreeSsue (Asia 1st Premium Organic Tissue) dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia sebagai juara 1 dan mewakili Indonesia maju ke tingkat regional.

Walaupun team MOVE.Inc yang terdiri dari Rahmad Ariefama Ashyari, Vinnia Kemala Putri, Talitha Octaviani, dan Marsah Zaysi Makhudzia yang merupakan mahasiswa/i Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UAI belum memiliki kesempatan mewakili Indonesia di kompetisi tingkat regional, kami tetap bangga karena dapat lolos hingga 5 besar finalis dan mendapatkan penghargaan untuk kategori “The Best Technology Innovation”.

Pengalaman mengenai bagaimana membuat proposal bisnis dan juga mempresentasikannya merupakan pengalaman yang sangat bermanfaat bagi kami, terlebih kami berasal dari Fakultas Sains dan Teknologi yang jarang berkutat denganBussness Plan dsb, tetapi kami mempunyai mimpi sebagai entrepreneur, dan pengalaman ini sangatlah berarti bagi kami. Semoga kedepannya semakin banyak technopreneur yang tercipta dengan diadakannya kompetisi-kompetisi sejenis. Terima kasih kepada para dosen yang telah memberikan tips dan bimbingan selama kompetisi berlangsung.