Liputan IF UAI Writing Blog Competition 2012

Techno Fair 2012 merupakan ajang perlombaan yang ditujukan untuk pelajar SMA dan sederajat. Techno Fair 2012 mengadakan 4 macam perlombaan, yang diadakan oleh setiap program studi yang ada di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Al Azhar Indonesia (FST-UAI), diantara perlombaan tersebut adalah IF UAI Writing Blog Competition 2012 yang digarap oleh Mahasiswa/i Program Studi Teknik Informatika.

IF UAI Writing Blog Competition merupakan lomba menulis BlogIF UAI Writing Blog Competition tahun ini bertemakan “Aku dan gadget”. Tema tersebut menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk para peserta lomba, tetapi gadget sudah merupakan hal yang tidak asing bagi para pelajar SMA, terbukti dengan ramainya inbox email panitia dengan kiriman URL Blog yang dilombakan dari peserta. Antusias pelajar dalam mengikuti lomba ini sangat besar, peserta tidak hanya berasal dari JABODETABEK saja, tetapi ada juga peserta yang berasal dari Sumatra, Jawa, dan Kalimantan. Sosial media panitia Lomba Blog yakni web, twitter, facebook, serta instant messaging juga dibanjiri dengan kunjungan, pertanyaan, mention, dll dari para siswa SMA/Sederajat dari seluruh Indonesia.

Waktu perlombaan dimulai dari tanggal 1 sampai dengan 25 Februari 2012. Setelah tanggal 25 Februari 2012 kami mengadakan penyeleksian, dari puluhan peserta di saring menjadi 10 besar. Kami sempat kebingungan untuk menyeleksi tulisan yang diperlombakan. Tulisan mereka sangat menarik, kreatif dan tentunya tulisan mereka sangat cocok dengan tema yang ditentukan. Pada tanggal 3 maret 2012, 10 peserta terbaik sudah berhasil kami seleksi.  5 orang berasal dari Jabodetabek dan 5 orang lagi berasal dari luar Jabodetabek. 10 peserta ini perjuangannya belum berhenti, karena ke-10 besar peserta tersebut diminta untuk mempresentasikan karya tulisnya pada acara final di Universitas Al Azhar Indonesia. Presentasi dilaksanakan tanggal 10 maret 2012 tepatnya di Ruang Amphiteater UAI.

Presentasi dimulai pada pukul 09:00 pagi, 5 peserta yang berasal dari Jabodetabek mempresntasikan hasil tulisannya di depan juri yang terdiri dari Bapak Dr. Ade Jamal (Dosen & Kaprodi Teknik Informatika UAI), Ibu Winangsari Pradani, MT (Dosen Teknik Informatika UAI) dan Kak Denny Hermawan, ST (Staf Prodi Teknik Informatika UAI). Sedangkan 5 peserta yang berasal dari luar Jabodetabek, mempresentasikan tulisannya secara jarak jaun dengan media video conference. Tiap peserta mempunyai 10 menit untuk presentasi dan setelah itu ada sesi tanya jawab selama 10 menit. Mereka memang hebat, pertanyaan juri dapat di jawab dengan jawaban yang tepat dan menarik, tak jarang jawaban mereka mengundang tawa dari audiens.

Presentasi selesai, setelah para juri selesai melakukan perhitungan nilai peserta, tiba saatnya untuk pengumuman pemenang lomba. Pengumuman diadakan di Ruang Bank Niaga lantai 2 UAI. Pengumuman ini bersamaan dengan pengumuman pemenang lomba lain yakni Lomba Programming Visual Basic, Lomba Desain Industri, dan Lomba Penulisan Paper Bioteknologi.

Sebagai juara mereka mendapatkan hadiah yakni Juara 1 mendapatkan uang senilai Rp. 1.000.000,- + sertifikat dan piala, Juara 2 mendapatkan uang senilai Rp. 750.000,- + sertifikat dan piala, dan Juara 3 mendapatkan uang senilai Rp. 500.000,- + sertifikat dan piala.

IF UAI Writing Blog Competition 2012 telah selesai dengan senyuman bahagia, sampai jumpa di Technofair tahun depan, tentunya pada lomba-lomba menarik berikutnya. Selamat untuk para pemenang, yang belum mendapatkan kesempatan menang tahun ini tidak perlu berkecil hati, karena pada dasarnya kita semua adalah PEMENANG! Terus asah kreativitasmu dan lanjutkan untuk menghasilkan karya-karya anak bangsa yang terbaik.