Copy Of IMG 4454

Prestasi Mahasiswa Biologi 2010 dalam Pekan Ilmiah Universitas Negeri Jakarta

 

Komunitas keilmiahan mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Peneliti Muda Universitas Negeri Jakarta mengadakan acara “Pekan Ilmiah Universitas Negeri Jakarta” pada tanggal 8 Desember 2012. Tema Pekan Ilmiah kali ini adalah “Mengembangkan Budaya Ilmiah UNJ melalui Karya-karya Ilmiah Inovatif dan Inspiratif”. Serangkaian kegiatan yang diadakan adalah seminar “Materi Pendidikan Berkarakter”, “Materi Media Pembelajaran Berbasis Pendidikan Berkarakter Berwawasan Ilmiah”, lomba poster dengan tema “Mengembangkan Budaya Ilmiah melalui Hasil Karya-karya Inovatif dan Inspiratif” dan lomba essay dengan tema “Pengembangan Pendidikan Berkarakter di Bidang Sosial, Sains dan Teknologi”.

Imam Rosadi, mahasiswa Biologi angkatan 2010 berpartisipasi dalam kegiatan tersebut sebagai peserta lomba poster. Mengangkat judul “Protein S Virus Hepatitis B Isolasi Jakarta “BAH84650.1” Memiliki Tiga Daerah Conserved Residues Imunogenik 185-PLLVLQAGFF-194, 206-LDSWWTSLNFL-216 dan 254-FIIFLCILLLCL-265”, Imam Rosadi bersaing dengan poster-poster mahasiswa dari berbagai universitas. Judul itu sendiri merupakan hasil riset kolaboratif antara ibu Vanny Narita, Ph.D, Ir. Endang Ripmiatin, MT, Imam Rosadi, Siti Isnaeni Mutmainah, dan Willy Pratama. Riset yang didanai Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UAI tahun 2012 tersebut memfokuskan penelitiannya pada aplikasi bioinformatika di bidang kesehatan.

Berbekal keyakinan dan tekat yang kuat, remaja asal Samarinda ini mengirimkan poster perdananya. Saat pengumuman di akhir acara seminar Pekan Ilmiah UNJ, poster karya Imam Rosadi berhasil meraih Juara II lomba poster dengan karya yang inovatif dan inspiratif.

“Saya sangat berterima kasih kepada Bapak Dr. Ary Syahriar, DIC selaku Dekan Fakultas Ssains dan Teknologi, Ibu Nita Noriko selaku Kaprodi Biologi, Ibu Vanny Narita, PhD untuk bimbingannya, juga Siti Isnaeni M. dan Willy Pratama sebagai Tim LP2M, Keluarga Biologi (Bioteknologi) UAI untuk dukungan dan doanya, serta Keluarga FST UAI, Panitia yang telah membantu dalam percetakan poster, dan seluruh pihak yang terlibat”, ujar mahasiswa yang masuk UAI melalui jalur Beasiswa Korporat ini.

Atas kemenangannya tersebut, Imam Rosadi berhak memperoleh trophy, sertifikat, dan uang pembinaan sebesar Rp 1.500.000. Ke depannya, remaja yang akrab disapa Oca ini bercita-cita menjadi ilmuwan muda bidang kesehatan serta mengikuti uji kesetaraan untuk melanjutkan studi S3 di Amerika setelah lulus S1. Semoga kegiatan positif seperti ini dapat terus diikuti, untuk menambah wawasan dan pengalaman dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, khususnya sains dan teknologi.

-“Keyakinan, Optimisme Tinggi, Usaha yang Kuat serta Ibadah yang besar bisa Mensukseskan Kita Semua”,  Imam Rosadi (Bioteknologi 2010) –